Keajaiban Alam di Objek Wisata Danau Kelimutu

Danau Kelimutu merupakan keajaiban alam yang telah dimiliki oleh Indonesia. Objek wisata alam ini yang dapat dibilang sangat menakjubkan ini ada di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Ada di puncak gunung dengan nama yang sama, yakni danau kelimutu yang banyak menarik wisatawan dalam maupun luar negeri.

Pada tanggal 26 Februari 1992, danau ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu, ini adalah sebuah taman nasional yang paling kecil dari keenam taman nasional yang berada di kawasan pulau Bali dan Nusa Tenggara.

Objek wisata danau kelimutu ini ada di puncak gunung kelimutu dengan ketinggian mencapai 1.690 meter dari atas permukaan laut. Yang mana danau ini terdiri atas tiga buah kubangan atau kawah yang sangat cantik, sebab memiliki warna-warna yang berbeda.

Tak hanya dikenal dengan nama danau kelimuti, objek wisata ini juga lebih dikenal sebagai danau tiga warna. Fenomena alam yang sangat mempesona dan menakjubkan sebab tiga kawa dengan jarak sangat berdekatan, akan tetapi mempunyai warna air yang berbeda-beda.

Warna air di danau kelimutu ini umumnya berwarna merah, putih, dan juga biru. Tetapi, bisa saja berubah menjadi warna hijau, hitam, dan cokelat, atau bisa juga berubah menjadi variasi warna lainnya. Bahkan uniknya, pada sat peneliti mencoba untuk mengambil air di danau kelimuti sebagai sampel, airnya bening tanpa adanya warna sedikitpun. Luar biasa, bukan ?

Wisata Danau Kelimutu

Mitos yang ramai diperbincangkan di objek wisata danau kelimutu

Dari ketiga danau yang berbeda warna ini mempunyai nama masing-masing. Masyarakat setempat telah mempercayai bahwasannya danau ini adalah tempat bersemayamnya jiwa-jiwa dari orang yang sudah meninggal.

Nama dari ketiga danau ini diantaranya, tiwu ata mbupu yang jadi tempat jiwa-jiwa orang tua yang sudah meninggal, tiwu nuwa muri koo fai yang jadi tempat jiwa-jiwa orang muda yang sudah meninggal, dan terakhir tiwu ata polo yang jadi tempat jiwajiwa orang jahat yang sudah meninggal.

baca juga air mancur raksasa di pantai klayar

Dan dari ketiga danau tersebut, yang paling sering berubah warnanya adalah tiwu nuwa muri koo fai, yang mana menurut masyarakat setempat, hal ini terjadi karena jiwa yang menempati danau tersebut masih muda, dan juga masih labil, sehingga akan berpengaruh pada perubahan warna air di danau kelimutu.

Itulah tadi kilasan tentang keajaiban alam di objek wisata danau kelimutu yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya, semoga bisa bermanfaat.

Save

Save

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*